Topologi Ring – Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Jaringan Ring

Pengertian Topologi Ring (Topologi Cincin)

Pengertian Topologi ring atau topologi cincin adalah topologi jaringan komputer dimana setiap node terhubung ke dua node lainnya, sehingga berbentuk alur cincin. Topologi ring menghubungkan komputer di lingkaran tunggal kabel. Berbeda dengan topologi bus, topologi cincin ini tidak ada ujung dihentikan. Perjalanan sinyal sekitar loop dalam satu arah dan melewati setiap komputer yang dapat bertindak sebagai repeater untuk meningkatkan sinyal dan mengirimkannya ke komputer berikutnya.

Di bawah ini Gambar menunjukkan khas topologi jaringan ring dengan satu komputer server dan empat workstation. Kegagalan satu komputer dapat berdampak pada seluruh jaringan komputer.

topologi ring

topoloog ring

Salah satu metode transmisi data sekitar ring disebut token passing. (Pengertian Token adalah seri bit khusus yang berjalan di jaringan token ring. Setiap jaringan hanya memiliki satu token..) Token dilewatkan dari komputer ke komputer sampai mencapai komputer yang memiliki data untuk dikirim. Bawah angka menunjukkan topologi token ring dengan token. Komputer pengirim memodifikasi token, menempatkan alamat elektronik pada data, dan mengirimnya di sekitar ring.

Data melewati setiap komputer sampai menemukan satu dengan alamat yang sesuai dengan alamat pada data. Komputer yang menerima kembali pesan ke komputer pengirim yang menunjukkan bahwa data telah diterima. Setelah verifikasi, komputer pengirim membuat token baru dan mengalirkannya pada jaringan. Token beredar di dalam ring sampai workstation membutuhkannya untuk mengirim data. Mungkin kelihatannya bahwa token passing akan memakan waktu yang lama, tapi token sebenarnya bergerak kira-kira pada  kecepatan cahaya. Sebuah token dapat mengelilingi ring berdiameter 200 m sekitar 477.376 kali per detik.

topologi jaringan token ring

topologi jaringan token ring

Topologi jaringan ring cenderung tidak efisien bila dibandingkan dengan topologi jaringan star karena data harus melakukan perjalanan melalui satu atau lebih titik sebelum mencapai tujuan. Misalnya, jika pada topologi ring memiliki delapan komputer di atas jaringannya, misalnya jika komputer 1 mengirimkan data ke komputer 4 maka harus melakukan perjalanan melalui komputer 2 dan 3, sampai ketujuan ke komputer 4. Hal ini juga komputer 1 bisa melalui  komputer 8, 7, 6 dan 5 sampai mencapai ke komputer tujuan (Komputer 4) empat, tetapi metode ini lebih lambat karena perjalanan melalui lebih banyak komputer.

Kelebihan Dan Kelemahan Topologi Ring

Kelebihan dan kelemahan dari tiap bentuk jaringan tak terkecuali pada topologi ring, tergantung pada efektifitas mentransmisikan data selain faktor efisiensi dari segi ekonomisnya bentuk jaringan komputer

Kelebihan Topologi Ring:

Transmisi data yang relatif sederhana seperti perjalanan paket dalam satu arah saja.

Kekurangan Topolgi Ring

Paket data harus melewati setiap komputer antara pengirim dan penerima Oleh karena ini membuatnya lebih lambat.

Topologi jaringan ring juga memiliki kelemahan, jika salah satu node dalam jaringan rusak maka seluruh jaringan akan rusak karena pada topologi jaringan ring membutuhkan jalur lingkaran penuh agar dapat berfungsi.

Kesimpulan Topologi Jaringan Ring

Pengertian Topologi Ring adalah tata letak untuk jaringan LAN dimana setiap perangkat memiliki dua tetangga untuk tepat tujuan komunikasi.
Biasanya, semua perjalanan pesan  melalui ring pada arah yang sama. Topolgi ring memiliki skema kabel jaringan di mana satu kabel secara berurutan menghubungkan semua node dan membentuk loop tertutup. Sebuah paket data dimulai dari node asal diperiksa oleh node aktif berikutnya jika alamat node tujuan tidak sesuai  Maka akan disalin, jika dan dibuat ulang selanjutnya diteruskan ke node berikutnya sampai mencapai kembali node asal dan akan dibuang.

Jarak yang jauh merupakan kerentanan topologi ring dibanding topologi jaringan komputer lainnya. Sebuah kegagalan dalam perangkat kabel atau loop rusak  akan menurunkan seluruh segmen. Kelemahan lain dari topologi cincin  adalah bahwa jika salah satu komponen tersebut ditambah atau dipindahkan dari ring, ring rusak dan segmen menjadi gagal. Hal inilah menjadi kelemahan utama pada topologi ring.