Sejarah Perkembangan Internet Dunia & Indonesia

Sejarah Perkembangan Internet Dunia

sejarah perkembangan internet dunia

sejarah perkembangan internet dunia

Pernah kita menyadari bahwa kemajuan teknologi komunikasi data yang canggih tidak terlepas dari sejarah perkembanga internet  dunia yang merupakan evolusi komputer yang awalnya hanya digunakan sebagai basis pengolahan data saja hingga pada penggunaan jaringan komputer menjadi media berbagi informasi telah memakan waktu yang amat panjang?. Penemuan pada awal komputer modern adalah masa pra sejarah internet dunia sampai pada masa sejarah perkembangan internet  secara global yang ditandai munculnya  ide untuk menghubugkan komputer menjadi suatu jaringan komputer secara luas.

Hingga saat ini, masyarakat dunia tak terkecuali di Indonesia tercinta ini, tidak muda, tua, perempuan, laki-laki bahkan anak-anak ikut menggunakan jaringan komputer dan internet untuk tujuan menemukan informasi, berkomunikasi satu sama lainnya baik dari aplikasi media jejaring sosial, percakapan online (massenger), bermain game sosial atau sekedar untuk mencari hiburan murah. Mungkin diantara kita tidak tahu atau mungkin tidak mau tahu bagaiaman awal kehadiran internet melalui tahap sejarah internet dunia hingga munculnya ide  pemanfaatan jaringa internet di negara kita sebagai awal sejarah perkembangan internet di Indonesia.  ini Pada artikel ini saya hanya mendeskripsikan secara singkat sejarah internet dunia dan sejarah perkembangan internet di Indonesia mulai dari awal adanya  ide menghubungkan komputer sebagai suatu jaringan.

Singkatnya sejarah perkembangan internet di dunia diawali dengan tercetusnya pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Lembaga ini menciptakan satu jaringan yang disebut ARPANET (Advance Research Projects Agency) untuk tujuan system pertahanan mereka.

Masa-Masa Awal Sejarah Perkembangan Internet Dunia

Pada sejarah perkembangan internet  ini diawali ketika  ARPA menghubungkan empat komputer kerangka utama yang terletak di University of California di Los Angeles, University of California di Santa Barbara, dan University of Utah dan Stanford Research Institute. Objektifitas aslinya adalah untuk menciptakan satu jaringan yang memungkinkan pengguna-pengguna komputer  untuk tujuan penelitian disebuah universitas yang dapat melakuan interaksi dengan komputer-komputer peneliti di universitas-universitas lainnya. Hal ini juga juga digunakan sebagai jaringan komputer untuk tujuan intelejen pertahanan Amerika dengan mencirikan jaringan komputer yang kebal terhadap bentuk kerusakan baik serangan musuh maupun bencana alam. Oleh karena  itu, fungsi komputer didesain dalam kondisi yang tidak mudah hancur karena serangan musuh. Dalam tahun-tahun berikutnya  jaringan pemerintah dihubungkan ke ARPANET dan keseluruhan jaringan tersebut membentuk internet. menurut penelitian sejarah perkembangan internet,  Sejak pertengahan 1980-an, pemerintah Amerika Serikat melalui National Science Foundation (NSF), dan badan pemerintah lainnya yang berwenang mengontrol akses ke internet. Saat perkembangan awal sejarah internet dunia ini jaringan  tidak digunakan dan tidak pernah didesain untuk penggunaan secara komersial. Hal Ini di karenakan pembangunan internet didanai oleh bantuan keuangan penuh dari NSF dan lembaga pemerintah lainnya. Satu kelebihan desain ARPANET adalah pesan-pesan dapat bergerak atau bergerak kembali lebih satu arah, sehingga jaringan dapat terus berfungsi dan kebal terhadap serangan dan bencana alam.

Jaringan ini juga memungkinkan sebuah system jaringan komputer berbagi data dan informasi dengan mudah dan cepat, menurut kutipan penelitian sejarah internet di dunia, ARPANET adalah jaringan internet pertama yang  melalui  Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP), yaitu bahasa umum untuk jaringan komputer diperkenalkan.

Sejarah perkembangan internet juga mencatat bahwa penggunaan jaringan komputer lokal (LAN) dalam bentuk Ethernet  terus bermunculan dan berkembang pesat pemakaiannya di organisai pemerintah dan universitas-universtias. Permintaan terhadap jaringan komputer yang mampu berhubungan pada jarak lebih jauh kian bertambah. Organisasi yang terlibat dalam hubungan komputasi jarak jauh  ini menghendaki agar diberi izin membuat sejenis ARPANET sebagai jembatan penghubung antara komputer dan mulai membentuk protokol komunikasi yang menyerupai ARPANET. penelitian sejarah internet dunia menyebutkan bahwa Pada awal 1970-an jaringan komputer lain juga dibentuk. Termasuk BITNET, USENET dan UUCP yang memberikan fasilitas serupa yaitu Internet pada jarak jaringan yang terbatas.

Sejarah Perkembangan Internet Pada Tahun 80an

Pada 1980-an NFS (National Science Foundation) mendirikan NFSNET, satu jaringan komputer kecepatan tinggi untuk menghubungkan universitas dan pusat penelitian komputer dengan komputer kuat berkemampuan tinggi. Pada pertengahan tahun 1985, dalam catatan sejarah internet dunia menyebutkan bahwa usaha untuk membangun jaringan komputer telah dilakukan di negara lain, misalnya di Eropa, yang telah membangun EuropaNET dan EBONE. Kedua jaringan ini menghubungkan berbagai kota di Eropa dengan menggunakan kecepatan online 2 Mbps. Setiap negara di Eropa juga telah membangun jaringan komputer masing-masing. Jaringan ini kemudian terhubung ke ARPANET membentuk satu jaringan komputer yang lebih besar. Kemudian beberapa negara Asia juga bergabung pada usaha yang sama, sehingga membentuk satu jaringan antar negara yang dikenal sebagai Internet. pada masa-masa inilah menjadi tonggak sejarah internet dunia yang tidak bisa diabaikan begitu saja, karena pada masa itu penggunaan internet telah meluas di berbagai belahan dunia.

Sejarah Perkembangan Internet Pada Tahun 90an

Menurut catatan sejarah perkembangan internet di dunia menyebutkan pada tahun 1990, jaringan ARPANET diberhentikan dan fungsinya diganti oleh oleh NFSNET. NFSNET selanjutnya digantikan sedikit demi sedikit dengan jaringan komersial. NFSNET akhirnya menutup sejarah internet-nya yang berakhir pada tahun 1995.

Pada awal 1990-an internet masih sulit digunakan. Penggunaan yang utama adalah email, ftp, dan USENET. Pada tahun 1989, Tim Bernersan Lee telah merekomendasikan satu metode berbasis hyperteks yang menyebarkan informasi dalam internet. dalam catatan sejarah internet dunia Pada 1990, Berners Lee telah memperkenalkan HTTP (Hypertexts Transfer Protocol) adalah satu protocol yang bisa digunakan untuk menghubungkan informasi secara hypertext berbasis jaringan. Metode ini telah digunakan untuk membangun WWW (World Wide Web) yaitu satu hubungan informasi yang berbasis hypertext yang memiliki tipe user friendly atau ramah pengguna, grafik, video, audio dan sebagainya. catatan sejarah internet dunia pun tak luput menyebutkan Pada 1992, peluncuran  www pertama  Mosaic telah diluncurkan dan dimanfaatkan secara  gratis kepada pengguna. Perangkat Lunak ini dianggap sebagai perangkat lunak Killer application yaitu satu aplikasi yang telah berhasil mempopulerkan internet kepada penggunaan publik.

Pada akhir 1993 terdapat lebih 500 server www yang menawarkan berbagai jenis informasi seperti teks, grafis, video dan audio. Dengan menggunakan Mosaic pengguna dapat menjelajahi internet dengan mudah. ​​Ia kemudian disertai oleh pengguna-pengguna publik dan organisasi komersial. Sampai saat ini pada milleniun ke-3 penggunaan internet suah dijadikan sebagai kebutuhan dasar sebagai sumber pertukran data dan informasi. Sejarah perkembangan internet tidak akan mentol di dunia seiring dengan perubahan-perubahan generasi dan tehnologi di bidang komputer dan jaringan internet.

Sejarah Perkembangan Internet di Indonesia

Seperti yang disebutkan ulasan Sejarah Perkembangan Internet dunia diatas bahawa Pada pertengahan tahun 1985,  usaha untuk membangun jaringan komputer telah dilakukan di negara lain, misalnya di Eropa, yang telah membangun EuropaNET dan EBONE. Kemudian di adopsi teknologi dan Penggunaan Internet di negara Asia yang pada awalnya masuk di Asia Timur yaitu jepang, China disusul  korea,  Asia Selatan masuk dari pintu India, kemudian disusul di Negara-negara asia Tenggara termasuk Indonesia di akhir dekade 80an. Resminya menurut catatan sejarah perkembangan internet  di indonesia baca selengkapnya.