Pengertian Sistem Operasi dan Macam-Macam Sistem Operasi

Pengertian Sistem Operasi

macam-macam sistem operasi

Sistem Operasi atau dalam bahasa Inggrisnya Operating System adalah sebuah komponen perangkat lunak sistem komputer yang bertanggung jawab untuk pengelolaan berbagai kegiatan komputer dan berbagi sumber daya komputer. Sistem operasi komputer merupakan induk aplikasi dan menangani beberapa aplikasi yang berjalan di komputer dan pengoperasian perangkat keras komputer agar tidak konflik saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, Operating System mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Operating System  juga sering disebut resource allocator.

Macam-Macam  Sistem Operasi

Fungsi Sistem operasi adalah membuat link antara pengguna dan bentuk aplikasi inti dari sistem komputer. OS mengurai program dari perangkat keras dan menyederhanakan manajemen sumber daya. fungsi sistem operasi yang terpenting ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Berikut ini adalah ikhtisar dari Macam-Macam Sistem Operasi.

Sistem Operasi Real Time

Operasi multitasking ini bertujuan untuk menjalankan aplikasi real-time. Sistem operasi real-time sering menggunakan algoritma penjadwalan khusus sehingga mereka dapat melakukan perilaku khusus yang telah dijadwalkan. Sistem real time digunakan bila terdapat kebutuhan ketepatan waktu pada operasi prosessor atau aliran data sehingga sering digunakan untuk perangkat control pada suatu kegiatan keilmuan. Obyek utama Operating System real-time adalah suatu peristiwa yang telah di prediksi untuk ditanggapi secara cepat.
Ada dua bentuk sistem real time. Sistem hard real time digunakan untuk penjamin tugas kritis diselesaikan secara tepat waktu. Pada sistem ini penyimpan sekunder terbatas atau tidak
digunakan, data langsung dikirim ke memory atau read-only memory (ROM) dalam waktu yang singkat. Pada sistem hard real time terjadi konflik pada sistem time sharing dan tidak didukung oleh OS  tujuan umum. Bentuk lainnya adalah soft real time dimana tugas kritis mendapatkan prioritas lebih tinggi dari tugas lain dan setelah satu task selesai maka task berprioritas ini akan diselesaikan. Sistem ini terbatas pada industri pengontrol robot.

Sistem operasi Multi User dan Single User

Sistem operasi komputer jenis ini memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses suatu sistem komputer secara bersamaan. Sistem time-sharing dapat diklasifikasikan sebagai sistem multi-user dan memungkinkan beberapa pengguna dapat mengakses ke komputer time sharing. Sistem time sharing biasa disebut dengan sistem komputasi interaktif, dimana
sistem komputer menyediakan komunikasi online antara user dengan sistem. User memberikan instruksi pada OS  atau program secara langsung dan menerima respon segera.
sistem operasi Single-user, sebagai lawan dari sistem operasi multi-user, hanya dapat digunakan oleh pengguna satu pada satu waktu. Pada OS  Windows dapat memiliki beberapa account tapi tidak dapat membuat sistem multi-user. Tapi pada beberapa sistem operasi seperti Unix, memungkinkan dua pengguna login pada waktu bersamaan dan hal ini adalah kemampuan OS membuatnya menjadi sistem operasi multi-user.

Sistem Operasi Multi Tasking dan Single Tasking

Ketika satu program diperbolehkan untuk dijalankan pada satu waktu, maka sistem dikelompokkan di bawah kategori single-tasking, sementara dalam kasus OS  memungkinkan melakukan eksekusi beberapa tugas pada waktu bersamaan, maka diklasifikasikan sebagai sistem operasi multi-tasking. Multi-tasking dinamakan pre-emptive atau co-operative. Pada Pre-emptive multitasking, OS  bagian CPU time dan mendedikasikan satu slot untuk masing-masing program. Operating System seperti Unix Solaris dan Linux mendukung pre-emptive multitasking. Jika Anda mengetahui terminologi multi-threading, jenis multi-tasking sebenarnya mirip dari pengembangan teknologi multi-threading. Multitasking cooperative dicapai dengan mengandalkan setiap proses untuk memberikan waktu untuk proses lain pada suatu cara yang ditetapkan. Multi-tasking semacam ini sangat mirip dengan ide blok multi-threading, pada thread yang satu berjalan sampai diblokir oleh beberapa acara lainnya. Pada MS Windows terdahulu yakni Windows 95 telah mendukung cooperative multitasking.

Sistem Operasi Terdistribusi:

adalah Sebuah OS yang mengelola sekelompok komputer independen dan membuat mereka tampaknya satu komputer dikenal sebagai sistem operasi terdistribusi. Perkembangan jaringan komputer yang dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, memunculkan komputasi terdistribusi. Komputasi terdistribusi dijalankan pada lebih dari satu mesin. Pada saat komputer dalam kelompok bekerja sama, maka mereka membuat sistem terdistribusi.

Sistem Operasi Embedded (Tertanam):

Operating system ini dirancang untuk digunakan dalam sistem komputer embedded dikenal sebagai Operating System yang tertanam. Mereka dirancang untuk beroperasi pada mesin kecil seperti PDA dengan otonomi kurang. Sistem ini mampu beroperasi dengan sejumlah sumber daya terbatas. Sistem ini didesain sangat kompak dan sangat efisien.Windows CE, FreeBSD dan Minix 3 adalah beberapa contoh dari OS yang tertanam.

Sistem Operasi Mobile:

Operating System mobile: Meskipun bukan tipe yang berbeda fungsi sistem operasi lainnya, mobile OS juga penting disebutkan dalam daftar jenis sistem operasi. Sebuah Operating System mobile mengontrol perangkat mobile dan di desain untuk mendukung komunikasi nirkabel dan aplikasi mobile. Ia memiliki program integral yang mendukung format multimedia mobile. Tablet PC dan smartphone adalah salah satu berjalan pada sistem operasi mobile. Untuk menambah referensi anda berikut link  di blog ini Jenis Sistem Operasi Komputer