Pengertian Server & Apa itu Proxy Server Fungsi Dan Jenisnya

Pengertian Server Dan Apa Itu Proxy Server ?

pengertian proxy server

Cara kerja Proxy Server

Sebelum membahas Apa itu proxy server, mari kita pahami pengertian Server terlebih dahulu. Pengertian server adalah perangkat dengan serangkaian program atau protokol yang menyediakan berbagai jenis layanan untuk program komputer lain dan program untuk server itu sendiri dan lainnya. Dalam istilah jaringan komputer, Mesin yang menjalankan program server juga sering disebut sebagai server (meskipun dapat digunakan untuk tujuan lain juga). Dalam model pemrograman client / server, server adalah sebuah program yang menunggu dan memenuhi permintaan dari program client pada  komputer yang sama atau lainnya. Sebuah aplikasi yang diberikan dalam komputer dapat berfungsi sebagai klien dengan permintaan untuk layanan dari program lain dan juga sebagai  permintaan server dari program lain.

Khusus untuk Web, Pengertian server Web adalah program komputer ( tersimpan pada komputer server ) yang melayani permintaan halaman html atau file. Web klien adalah program permintaan  yang terkait dengan pengguna. Web Browser pada komputer adalah merupakan klien yang meminta file HTML dari Web server.

Apa Itu Proxy Server (Pengertian Server Proxy)

Ketika Klien terhubung ke proxy server, hal ini merupakan permintaan untuk menghubungkan  file atau beberapa sumber lain yang tersedia pada server yang berbeda. Intinya Proxy server adalah server yang terletak diantara sebuah aplikasi klien & aplikasi server yang terhubung. Aplikasi klien bisa berupa program web browser, klien FTP, dll. Sedangkan aplikasi pada server dapat berupa server web, server FTP dll. Server Proxy yang terletak diantara aplikasi klien & aplikasi server dapat difungsikan sebagai pengendali dan monitoring lalu lintas paket data yang melaluinya.

Proxy Server  kemunculannya tidak terlihat (invisible) bagi penggunanya,  Alamat IP telah ditetapkan sebagai konfigurasi alternatif untuk browser atau program protokol lainnya. Oleh sebab itu, semua permintaan dan tanggapan tampaknya secara langsung dengan server internet ditangani. Bahkan Kadang-kadang, dapat mengubah permintaan klien atau respon server karena berbagai alasan.

Fungsi Proxy Server

Fungsi proxy Server adalah menghubungkan Klien  ke server tertentu atau dengan melayani dari cache yang memberikan sumber daya. Ketika server menerima permintaan untuk layanan Internet seperti permintaan halaman web dari klien, server melewati persyaratan penyaringan, bertindak sebagai server cache dan pencarian dalam cache lokal dari halaman web yang sebelumnya didownload. Jika halaman ini tidak ditemukan, server bertindak sebagai klien atas nama pengguna dan mempekerjakan alamat IP sendiri untuk menyediakan halaman keluar di Internet. Ketika halaman dikembalikan, ia mengaitkan halaman untuk permintaan asli dan mengirimkan ke klien yang sebenarnya. Dalam sebuah perusahaan yang memanfaatkan internet, Fungsi proxy server sebagai mediator antara pengguna workstation dan Internet untuk  menjamin perusahaan dengan keamanan, kontrol administratif dan layanan caching. Bersama dengan server gateway, membedakan jaringan perusahaan dari jaringan luar dan melindunginya dari gangguan luar.

Fungsi Proxy server juga bertindak sebagai firewall dan filter konten dengan menonaktifkan akses atau penyaringan konten permintaan untuk beberapa situs-situs yang dianggap sebagai menyinggung atau berbahaya bagi jaringan dan pengguna. Setiap kali pengguna meminta halaman web yang diakses oleh beberapa host lain, server proxy tidak mengambil halaman dari penyedia konten, tapi mempekerjakan informasi cache(yang disimpan). Fungsi Proxy server bertujuan agar akses halaman web lebih cepat dan untuk meningkatkan kinerja.

Jenis server Proxy

Jenis-jenis server proxy adalah:

  • Transparent Proxy Server: Jenis proxy server ini membuat alamat IP asli yang dapat diakses melalui header http, dan memiliki kemampuan untuk cache website tanpa mempengaruhi anonimitas orang-orang yang menggunakannya. Transparent proxy server tidak menyembunyikan alamat IP,  dan menyediakan siapa pun dengan alamat IP yang nyata dan tidak menyembunyikan informasi tentang Anda dan kepentingan membaca Anda. Transparent proxy server yang dapat digunakan untuk semua jenis layanan Web hanya untuk mempercepat transfer data.
  • Anonymous Proxy: jenis server proxy ini  menyembunyikan alamat IP dan dengan demikian mencegah dari akses tidak sah ke komputer Anda melalui Internet. Mereka tidak memberikan siapa pun dengan alamat IP dan efektif menyembunyikan informasi tentang Anda dan kepentingan membaca Anda. Selain itu, mereka tidak bahkan biarkan orang tahu bahwa Anda berselancar melalui proxy server.
  • Distorting Proxy: Jenis  server proxy yang menciptakan alamat IP yang menyimpang dari aslinya, dapat diakses melalui http header. Distorsi proxy server dapat digunakan untuk semua jenis layanan Web untuk mempercepat transfer data dan untuk menjaga privasi Anda. Tetapi secara spesifik memberitahu target server bahwa Anda menggunakan proxy server.
  • High Anonymity Proxy: Jenis proxy server tidak membedakan dirinya sebagai proxy server dan tidak membuat alamat IP asli, dapat diakses melalui http header.

Salah satu keuntungan terbesar dari proxy server adalah bahwa cache dapat melayani semua pengguna pada saat yang sama. Saya berharap anda mendapatkan ide mengenai bagaimana proxy server bekerja, setelah memahami pengertian server dan apa itu proxy server.