Pengertian FTP dan Fungsi FTP Pada Jaringan Komputer

Pengertian FTP dan Fungsi FTP

Pengertian FTP fungsi ftp

Pengertian FTP

Sebelum ke pengertian FTP, mari kita lihat bagaimana proses transfer data dari komputer klien ke server untuk memahami pengertian FTP sebenarnya.

Internet adalah jaringan komputer yang besar yang dikontrol oleh seperangkat aturan TCP/IP, yang memungkinkan komunikasi dan transfer data.  Setiap koneksi antar komputer pada jaringan itu ibarat percakapan.  Menurut sifat percakapan antara dua komputer, jenis protokol yang digunakan pun berbeda.  Dari sekiam banyak protokol Internet yang membuat transmisi data melalui Internet, salah satu yang paling penting adalah FTP atau File Transfer Protocol.

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan penjelasan ringkas namun terperinci mengenai pengertian FTP / file transfer protocol dan apa Fungsi FTP atau aplikasinya di Internet. FTP adalah menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara Komputer server dan Komputer klien

Pengertian FTP dan Fungsi FTP Secara Eksklusif

Dari ilustrasi diatas mari kita tarik suatu pengertian FTP dari beberapa pendapat mengenai pengertian FTP.

Pengertian FTP yang pertama: File Transfer Protokol atau disingkat FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP server dan FTP Client.

Pengertian FTP yang kedua: FTP merupakan sebuah protokol internet yang berjalan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.

Fungsi FTP adalah yang utama melakukan pertukaran file dalam jaringan.

Fungsi FTP adalah Protokol yang melakukan  trasfer file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol. Fungsi FTP adalah mempermudah dalam pembagian file-file, mempercepat secara tak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.

Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau dalam istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file). pada kesempata lain saya telah menjelaskan Fungsi FTP dan aplikasinya  secara lengkap  berdasarkan Pengertian FTP diatas klik disini untuk membacanya