Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media dan Jangkauannya

router: (macam-macam jaringan komputer)

Pada artikel ini, dibahas mengenai macam-macam jaringan komputer, baik macam jaringan komputer dari segi media yang digunakan maupun jaringan komputer dari segi  jangkauannya.

Macam-Macam Jaringan Komputer dari segi Media di bedakan:

  1. Wired/Jaringan kabel: Jaringan komputer konvesional menggunakan media transmisi kabel, coaxial, twisted pair ataupun fiber [more]
  2. Wireless/Nirkbel : Jaringan Nirkabel merupakan jaringan dengan media transfer data tanpa kabel. Wireless ini sama halnya seperti fungsi ethernet tanpa kabel dimana user berhubungan dengan server melalui modem radio. Salah satu satu bentuk modem radio adalah PC Card yang digunakan untuk laptop, blue tooth, infra red device.

Macam-Macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

Macam-macam jaringan komputer berdasarkan luas dan jangkauan secara geografis di bedakan:

LAN (Local Area Networks)

LAN Equipment

LAN adalah jaringan biasanya terbatas pada wilayah geografis, seperti sebuah bangunan tunggal atau gedung.  Jaringan LAN bisa saja sedikit, menghubungkan sedikitnya tiga komputer, tetapi LAN sering menghubungkan ratusan komputer yang

digunakan oleh ribuan orang.  Pengembangan standar protokol jaringan dan media

menyebabkan penggunaan LAN semakin meluas, baik untuk kepentingan lembaga-lembaga bisnis, pendidikan, kesehatan dsb.

Jaringan Area Lokal (LAN) adalah jenis yang paling umum dari jaringan data. Seperti namanya, LAN melayani area lokal Instalasi khas di pabrik-pabrik industri, gedung perkantoran, kampus atau universitas, atau lokasi serupa. Di Lokasi seperti ini layak membangun jaringan yang berkualitas tinggi, link komunikasi node interkoneksi kecepatan tinggi. kecepatan Khas transmisi data adalah 1/100 megabit per detik.

LAN memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya pada komputer dalam suatu organisasi, dan dapat digunakan untuk menyediakan akses (shared) kepada organisasi remote melalui sebuah router yang terhubung ke Metropolitan Area Network (MAN) atau Wide Area Network (WAN).

foto ini menunjukkan beberapa peralatan jaringan di pusat LAN yang digunakan oleh Grup Komunikasi di Sekolah Teknik. Unshielded Twisted Pair kabel (UTP) memasuki rak dari lima laboratorium penelitian dan diakhiri pada patch panel (disimpan di kotak bawah). Setiap outlet terhubung melalui patch yang berwarna pada Ethernet Switch baik untuk 10 ataupun 100 Mbps (biru, di atas patch panel).

Akses ke sisa jaringan kampus dikendalikan melalui Router internet TCP / IP (biru, dengan kabel yang tersambung di bagian belakang). Sebuah router switch / kedua dapat digunakan untuk menghubungkan peralat

an lainnya (putih) membentuk LAN terpisah uji eksperimental. Dua kotak kecil di atas adalah Ethernet Hub untuk menghubungkan kelompok workstation, hub serupa juga menyediakan koneksi untuk link serat optik ke bagian lain dari Universitas.

WAN (Wide Area Networks)

Jaringan komputer area luas menggabungkan beberapa LAN yang terpisah secara geografis.  Hal ini dilakukan dengan menghubungkan berbagai layanan LAN menggunakan didedikasikan saluran telepon sewa, saluran telepon dial-up (baik sinkron maupun  asinkron), link satelit, dan layanan operator paket data.  Jaringan WAN dijalankan dengan  modem dapat mengakses atau sebaliknya ke remote server menggunakan routing protokol khusus dan filter untuk meminimalkan biaya pengiriman data dari jarak yang luas .

Jaringan WAN biasanya mengacu pada jaringan yang mencakup area geografis yang luas, dan menggunakan sirkuit komunikasi untuk menghubungkan node intermediate. Faktor utama yang mempengaruhi desain WAN adalah kinerja merupakan persyaratan sirkuit yang mereka sewa dari perusahaan komunikasi atau operator telepon komunikasi lainnya. Tingkat transmisi biasanya 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps (atau kadang-kadang jauh lebih).

Banyak WAN telah dibangun, termasuk jaringan paket publik, jaringan perusahaan besar, jaringan militer, jaringan

perbandingan macam-macm jaringan komputer

perbandingan macam-macm jaringan komputer

perbankan, jaringan broker saham, dan jaringan reservasi penerbangan. Beberapa WAN sangat luas, mencakup seluruh dunia, tetapi kebanyakan tidak menyediakan cakupan global. Organisasi pendukung WAN yang menggunakan Internet Protocol dikenal sebagai Penyedia Layanan Jaringan (NSP). Hal ini sama seperti yang membentuk inti dari Internet.

Dengan menghubungkan WAN, NSP bersama-sama link pada internet menggunakan Packet Interchanges  (kadang-kadang disebut ” peering points “) terbentuklah infrastruktur komunikasi global. NSP umumnya tidak menangani account pelanggan individu (kecuali untuk pelanggan korporat besar) tetapi berhubungan dengan orgnisasi-organisasi besar yang membutuhkan layanan komunikasi kuhusus tentunya dengan biaya yang mahal. Mereka umumnya memiliki kesepakatan dengan pihak NSP untuk mendapatkan kualitas layanan optimal untuk pertukaran data.

tipikal jaringan ditunjukkan pada gambar di atas. Ini menghubungkan sejumlah Sistem Akhir (SA) (misalnya A, C, H, K) dan sejumlah Sistem Intermediate (SI) (misalnya B, D, E, F, G, I, J) untuk membentuk jaringan melalui data mana dapat dikomunikasikan antara Sistem Akhir (SA).

Karakteristik dari fasilitas transmisi menyebabkan penekanan pada efisiensi teknik komunikasi dalam desain WAN. Mengontrol volume lalu lintas dan menghindari penundaan yang berlebihan adalah penting. Karena topologi dari WAN cenderung lebih kompleks daripada LAN, algoritma routing juga menerima penekanan lebih. Banyak WAN juga menerapkan prosedur monitoring yang canggih ke account pengguna yang mengkonsumsi sumber daya jaringan. Hal ini, dalam beberapa kasus, digunakan untuk menghasilkan informasi penagihan untuk membebankan pengguna individu.

macam-macam jaringan komputer internet

Internet

Internet

Jaringan Internet adalah sistem jaringan yang terkait dalam lingkup global dan memfasilitasi komunikasi layanan data seperti remote login, transfer file, surat elektronik, World Wide Web dan newsgroup.

Dengan meroketnya  permintaan untuk konektivitas, Internet telah menjadi jalan raya komunikasi bagi jutaan pengguna.  Internet awalnya terbatas pada lembaga militer dan akademis, tapi sekarang ini tapi hampirseluaruh lapisan telah menggunakannya.

Intranet

jaringan komputer intranet

Jaringan  Komputer Dengan kemajuan yang dibuat dalam browser berbasis perangkat lunak untuk Internet, banyak organisasi swasta menerapkan jaringan intranet.  intranet adalah jaringan Privat yang menggunakan jenis alat internet tetapi hanya tersedia dalam organisasi itu.  Untuk organisasi besar, intranet menyediakan akses mode memudahkan informasi perusahaan ke karyawan.  Sebuah intranet termasuk koneksi melalui satu atau lebih komputer gateway ke Internet di luar. Tujuan utama dari jaringan komputer intranet adalah untuk berbagi informasi perusahaan dan sumber daya komputasi antara karyawan. Intranet juga dapat digunakan untuk memfasilitasi pekerjaan dalam kelompok dan untuk telekonferensi.

Internet protokol lainnya, pada umumnya terlihat seperti versi privat dari Internet. Dengan tunneling, perusahaan dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan publik, dengan menggunakan jaringan publik dengan enkripsi khusus / dekripsi dan perlindungan keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet mereka yang lain. Biasanya, perusahaan yang lebih besar memungkinkan pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses Internet publik melalui server firewall yang memiliki kemampuan untuk pesan layar di kedua arah perusahaan sehingga keamanan dipertahankan. Ketika bagian dari intranet dibuat dan dapat diakses oleh pelanggan, mitra, pemasok, atau diluar perusahaan, maka sebagiannya menjadi bagian dari sebuah extranet.

MAN (Metropolitan Area Networks)

macam-macam jaringan komputer man

jaringan man

Jaringan MAN Mengacu pada jaringan komputer dalam Kota.  Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) adalah salah satu dari sejumlah jenis jaringan (lihat juga LAN dan WAN). MAN adalah kelas yang relatif baru dari jaringan, melayani peran yang mirip dengan ISP, tetapi untuk pengguna korporat dengan LAN besar. Ada tiga fitur penting yang membedakan MAN dari LAN atau WAN:

Ukuran jaringan Menengah antara LAN dan WAN. Jaringan MAN biasanya meliputi area seluas antara diameter 5 s.d 50  km.  Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasinya link dan peralatan umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna. Tingkat pelayanan yang disediakan untuk tiap user sehingga harus dinegosiasikan dengan operator MAN, dan beberapa jaminan kinerja biasanya ditentukan. Jaringan MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah (mirip dengan LAN besar). Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.

jaringan komputer vpn

VPN (Virtual Private Network)

VPN menggunakan teknik yang dikenal sebagai tunneling untuk transfer data dengan aman di Internet untuk remote akses server pada jaringan tempat kerja.  Menggunakan VPN membantu menghemat uang dengan menggunakan Internet publik, bukan dengan membuat telepon jarak jauh untuk menghubungkan panggilan aman dengan jaringan pribadi Anda.  Ada dua cara untuk membuat koneksi VPN, dengan panggilan penyedia layanan Internet (ISP), atau hubungan secara langsung

Perkembangan teknologi informasi dan kebutuhan akan  keamanan jaringan komputer, memacu para ilmuwan dan praktisi jaringan komputer untuk dapat berkreasi menghasilkan Macam-Macam Jaringan Komputer