Konfigurasi Firewall – Mengaktifkan Fungsi Firewall Windows 7

Fungsi Firewall Dan  Konfigurasi Firewall di Windows

Konfigurasi firewall pada Windows 7 tidaklah rumit seperti yang kita bayangkan. Hanya beberapa langkah yang dibutuhkan untuk memasang sistem pengamanan internal ini agar komputera nda aman dari penggunaan yang tidak sah dari pengguna lain di jaringan komputer. Beberapa pengaturan dibawah ini yang perlu anda ketahui.

Firewall adalah bagian dari sistem keamanan, pada setiap komputer atau jaringan. Fungsi Firewall dirancang untuk memblokir setiap akses yang tidak sah dan hanya mengizinkan komunikasi resmi, dalam proses otentikasi sistem keamanan komputer. Ketika seseorang ingin menerapkan sistem keamanan komputer atau jaringan. Ada dua jenis sistem keamanan jaringan komputer, yang dapat diimplementasikan, anda dapat memilih hardware firewall atau perangkat lunak firewall. Keduanya dapat melindungi komputer dari akses tidak sah. Semua pesan, yang memasuki atau meninggalkan komputer atau intranet harus melalui penyaringan firewall. Masing-masing pesan ini diseleksi, jika pesan tidak memenuhi kriteria keamanan komputer tertentu maka akan diblokir. Firewall untuk windows diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam Windows XP, yang dirancang sebagai Firewall Sambungan Internet. Tapi saat itu kebanyakan anggapan orang menganggap sebagai komponen Windows yang rendah dan itu dan tidak cukup berguna besar di antara pengguna. Salah satu masalah utama Firewall adalah masalah kecacatan yang disandangnya di sejumlah besar komputer yang berbasis Windows unpatched menjadi korban serangan acak dari berbagai malware, seperti worm, trojan horse, dll. Karena bencana pertama firewall tersebut, Microsoft memutuskan untuk merilis built-in firewall pada sistem operasi komputer rilis berikutnya, ketika built-in firewall diluncurkan pada Windows XP SP2 dan iapun berganti nama menjadi Windows Firewall. Sejumlah fitur ditambahkan ke firewall Windows Vista, namun setelah Windows Vista bermasalah, maka versi baru dirilis dengan Windows 7 dan digelar sebagai firewall Windows 7. Konfigurasu firewall Windows 7 dirancang secara otomatis berjalan secara default ketika windows dijalankan.
Firewall Windows 7
Walaupun banyak perubahan yang dibuat untuk Windows 7 firewall, beberapa fitur Firewall Vista tetap dipertahankan. Seperti hal di Vista, Windows 7 firewall juga memiliki struktur tiga profil, yang berisi Profil domain, profil privat dan publik profil. Perubahan dalam profil pribadi dan itu direstrukturisasi termasuk konfigurasi firerwal untuk home network dan work network

Bagaimana Konfigurasi Firewall Windows?

konfigurasi firewall Windows 7

konfigurasi firewall Windows 7

Konfigurasi firewall Windows 7 dapat diset untuk setiap jenis lokasi jaringan, termasuk setting konfigurasi firewall windows 7 untuk remote desktop.

Langkah-langkah Cepat konfigurasi firewall sbb:

  • Klik pada tombol star kemudian Di kotak pencarian di pojok kiri, ketik Firewall dan tekan enter, Anda melihat jendela Windows Firewall.
  • Di bawah Windows Firewall, Anda akan melihat Firewall Windows on atau off.
  •  Klik kanan beberapa pilihan untuk mengaktifkan (enable rule) atau menon aktifkan (disable ruleO .
  • Anda akan diminta sandi administrator atau konfirmasi.
  • Ketik password atau memberikan konfirmasi diperlukan, sehingga Anda dapat mengubah konfigurasi Windows 7 Firewall

Cara mengubah Konfigurasi Firewall Windows

Konfigurasi Aktif  Windows Firewall

Jika Anda berfikir untuk mengaktifkan Windows Firewall, Anda tidak perlu mengambil langkah apapun, karena konfigurasu firewall sudah berjalan secara default untuk program mayoritas yang diblokir dari komunikasi melalui Firewall. Dalam hal program tertentu, jika Anda ingin mengizinkan untuk berkomunikasi melalui Firewall, maka di butuhkan perubahan dalam pengaturan dan menambahkannya ke daftar program yang diperbolehkan.

Konfigurasi Blok Koneksi Firewall

Dengan blok koneksi, Anda dapat memblokir semua koneksi masuk, termasuk koneksi, yang termasuk dalam daftar program yang diperbolehkan. Karena untuk pengaturan ini, setiap upaya yang tidak diminta untuk menyambung ke komputer Anda akan diblokir. Ada perlindungan yang maksimal untuk komputer Anda, ketika menghubungkan ke jaringan publik di hotel atau Bandar Udara, jika Anda menggunakan pilihan blok koneksi. Hal ini juga menguntungkan, ketika ada worm komputer yang telah menyebar melalui jaringan Internet. Ketika pengaturan ini diaktifkan, Anda akan tidak diberitahu, jika program tertentu diblokir oleh Windows Firewall atau program di dalam daftar program yang diizinkan diabaikan. Namun, bahkan jika Anda memblokir semua koneksi masuk, Anda tidak akan menghadapi masalah, seperti Anda masih dapat melihat sebagian besar halaman web, mengirim dan menerima e-mail serta mengirim dan menerima pesan instan.

Notifications (Pemberitahuan) Ada pilihan yang disebut “Notify Me” (beritahu saya), ketika Windows Firewall memblok program baru’, jika Anda memeriksa kotak, setiap kali sebuah program baru akan diblokir oleh firewall, Anda akan diberitahu. Juga terdapat pilihan pada konfigurasi firewall untuk blokir program dan pengecualian blokir program

Konfigurasi Nonaktif  Windows Firewall

Menonaktifkan Firewall untuk Windows 7 tidak dianjurkan. Jika Anda benar-benar ingin melakukan konfigurasi firewall agar tidak aktif dan tidak berjalan pada komputer Anda. Ketika Firewall dimatikan, komputer dan jaringan akan rentan terhadap bahaya dari hacker dan malicious software berbahaya.
Dengan konfigurasi firewall Windows 7 yang benar, sebagian besar malware dapat dihentikan menyusup ke sistem, namun ada beberapa malware yang tidak dapat dihentikan oleh firewall ini yaitu dua elemen utama berbahaya, yang tidak dapat diblokir termasuk e-mail virus dan upaya phising online. Oleh karena itu, perangkat lunak anti-virus dan anti-phishing harus diinstal pada mesin disamping konfigurasi firewall tetap aktif.