Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Klasifikasi Komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Pengelompokan Klasifikasi Komputer

Jenis-jenis komputer di bedakan berdasarkan pengelompokan dari klasifikasi komputer. Dari beberapa klasifikasi komputer atau pengelompokan besar dari komputer memunculkan beberapa varian atau jenis-jenis komputer. Secara garis besar klasifikasi komputer di bedakakan atas :

  1. Klasifikasi komputer berdasarkan Prinsip Operasional (Operasional principle)
  2. Klasifikasi komputer berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)
  3. Klasifikasi komputer berdasarkan Penggunaan Pribadi (Personal Computer)

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip-Prinsip Operasional Komputer

jenis-jenis komputer klasifikasi komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Prinsip-Prinsip Operasional Komputer

Jenis-jenis komputer Berdasarkan prinsip-prinsip operasional komputer dibedakan sbb komputer analog, digital dan hibrida.

  1. Analog komputer: jenis komputer ini tergolong teknologi awal-awal perkembangan komputer dan sudah hampir punah saat ini. Berbeda dari komputer digital, komputer analog dapat melakukan beberapa operasi matematika secara bersamaan. Menggunakan variabel kontinyu untuk operasi matematis dan menggunakan energi mekanik atau listrik.
  2. Digital komputer: Jenis komputer ini menggunakan sirkuit digital dan dirancang untuk beroperasi pada dua state, yaitu bit 0 Data di komputer di digambarkan sebagai serangkaian 1s dan 0s. Komputer digital cocok untuk komputasi yang kompleks dan memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi. Komputer digital di program untuk tujuan umum dan tujuan khusus orang-orang. Tujuan umum komputer, seperti namanya, dirancang untuk jenis pengolahan data  tertentu i  sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum.
  3. Hibrida komputer: jenis komputer ini adalah kombinasi digital dan komputer analog. Dalam jenis komputer, segmen digital melakukan pengendalian proses dengan konversi sinyal analog ke digital

Jenis-Jenis Komputer  Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)

Jenis-Jenis Komputer klasifikasi komputer

Jenis-Jenis Komputer Berdasarkan Daya Pengolahan (Processing power)

Jenis-jenis komputer yang didasarkan pada fungsi daya pengolahan adalah sebuah klasifikasi dari berbagai jenis-jenis komputer yang berdasarkan pada ukuran dan kekuatan pemrosesan.

  1. Mainframe Komputer: adalah jenis komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi organisasi besar menggunakan mainframe untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Sebagian besar komputer Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan, memiliki kapasitas untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai mesin virtual dan dapat menggantikan beberapa server kecil.
  2. Mikrokomputer: Sebuah komputer dengan mikroprosesor dengan menggunakan CPU yang dikenal sebagai komputer mikro. Jenis komputer ini tidak menempati ruang sebesar komputer mainframe. Ketika dilengkapi dengan keyboard dan mouse, mikrokomputer bisa disebut sebagai komputer pribadi. komputer mikro dikemas dengan sebuah monitor, keyboard dan lain yang sejenis perangkat input-output, memori komputer dalam bentuk RAM dan unit catu daya.  Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan denganLaptop,
Jenis-Jenis Komputer Pribadi
jenis-jenis komputer klasifikasi komputer

jenis-jenis komputer pribadi

Jenis-jenis Komputer pribadi diciptakan dalam bentuk yang berbeda seperti desktop, laptop dan personal digital assistant. Mari kita lihat jenis-jenis komputer pribadi:

  1. Desktop: Desktop ditujukan untuk penggunaan pada satu lokasi. Suku cadang komputer desktop mudah didapatkan sehingga untuk mengupgrade komponen pada desktop sangat memungkinkan. Desktop populer untuk penggunaan sehari-hari di tempat kerja dan rumah tangga.
  2. Laptop: pengoperasiannya  mirip dengan desktop, laptop komputer mini  dioptimalkan untuk penggunaan mobile menggunakan. Laptop dijalankan dengan daya baterai atau adaptor eksternal yang mengisi baterai laptop. Pada laptop dilengkapi  dengan built-in keyboard, touch pad bertindak sebagai sebuah mouse dan liquid crystal display (LCD).
  3. Netbook: Netbook komputer ini sebenarnya adalah salah satu jenis-jenis komputer laptop, tetapi ukurannya yang kecil dan harganya jauh lebih murah. Netbook memiliki set fitur yang lebih kecil dan kapasitas yang lebih rendah dibandingkan dengan laptop biasa,  netbook juga mulai menampilkan hampir semua yang ada pada notebook, kecuali karena ukurannya yang kecil. Pada akhir tahun 2008, netbook sudah mulai menyalip notebook dalam hal pangsa pasar dan penjualan.
    Personal Digital Assistant (PDA): Ini adalah komputer genggam dan dikenal sebagai palmtop. Memiliki layar sentuh dan kartu memori untuk penyimpanan data. PDA juga dapat digunakan sebagai portable audio player, web browser dan smartphone. Sebagian besar PDA dapat mengakses Internet dengan cara komunikasi Bluetooth atau Wi-Fi.
  4. Minicomputer: Ukuran dan kapasitas proses, minicomputer terletak di antara mainframe dan mikrokomputer. Minicomputer juga disebut mid-range sistem atau workstation. Istilah itu mulai dipakai populer di tahun 1960-an untuk merujuk generasi ketiga komputer  yang relatif kecil. Jenis komputer ini mengambil ruang sebesar satu atau dua lemari es, menggunakan teknologi transistor dan core memory. 12-Bit komputer mini PDP-8 dari Digital Equipment Corporation adalah komputer mini- pertama yang sukses.
  5. Server: komputer server dirancang untuk menyediakan layanan kepada mesin klien dalam jaringan komputer. Mereka memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan prosesor yang kuat. Komputer server berjalan dengan  program yang melayani permintaan klien dan mengalokasikan sumber daya seperti memori dan waktu untuk mesin klien. Umumnya Komputer server ukurannya sangat besa, karena memiliki prosesor yang besar dan banyak hard drive, dan dirancang kebal terhadap kegagalan dan bencana alam.
    Superkomputer: Jenis komputer ini sangat intensif dalam tugas perhitungan dan dapat melakukannya secara efektif. seperti prakiraan cuaca, riset iklim, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbangdalam terowongan angin. Superkomputer memiliki Kemampuan pengolahan paralel dan hirarki memori yang dirancang dengan baik untuk memberi kekuatan pengolahan transaksi besar.
  6. Wearable Computer: Langkah rekor dalam evolusi komputer adalah penemuan Wearable Computer. Komputer ini dapat dikenakan pada tubuh dan sering digunakan dalam pemodelan perilaku dan kesehatan manusia. Militer dan kesehatan profesional telah memasukkan Wearable Computer ke dalam rutinitas sehari-hari mereka, sebagai bagian dari studi tersebut. Ketika pengguna tangan dan organ-organ indra terlibat dalam kegiatan lain, Wearable Computer sangat membantu dalam pelacakan tindakan manusia. Wearable Computer  tidak perlu diaktifkan dan dinonaktifkan dan akan tetap beroperasi tanpa campur tangan pengguna.
  7. Komputer tablet: tablet adalah jenis komputer bergerak, menggunakan teknologi layar sentuh. Tablet terintergrasi dengan dengan layar keyboard atau menggunakan stylus atau pena digital. Apple iPad didefinisikan sebagai kelas komputer tablet.

Penjelasan diatas adalah jenis-jenis komputer yang digunakan saat ini. Melihat tingkat kemajuan teknologi komputer yang kian pesat kita dapat benar-benar berharap akan lebih banyak dalam waktu dekat klasifikasi komputer dan jenis-jenis komputer.