Intranet :: Pengertian Intranet Dan Manfaat Jaringan Komputer Intranet

Pengertian Intranet Dan Manfaat Intranet

pengertian intranet kegunaan manfaat intranet

pengertian intranet kegunaan dan manfaat intranet

Pengertian Intranet secara umum adalah sebagai sebuah edisi Internet pribadi, digunakan oleh organisasi berbagai perusahaan besar. Intranet adalah jaringan yang didasarkan pada internet diakses oleh karyawan dari sebuah organisasi. Intranet menyediakan akses mudah ke file dan dokumen internal kepada karyawan dari workstation masing-masing.  Manfaat Intranet memungkinkan Berbagi data dan informasi pada internal perusahaan atau kepada orang-orang yang telah diberi otorisasi untuk mengaksesnya.

Pada posting sebelumnya pada artikel Internet Dan intranet dan artikel Perbedaan Internet Dan Intranet  sudah banya kita singgung mengenai pengertian intranet dan cara kerjanya, namun pada artikel ini saya akan membahas secara khusus mengenai pengertian intranet dan manfaatnya secara lebih detail.

Pengertian Intranet Menurut Beberapa Kamus Besar

Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis pada protokol TCP IP (internet) milik sebuah organisasi, biasanya perusahaan, yang hanya dapat diakses oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain yang sudah di otorisasi. Situs Web intranet ini terlihat dan bertindak sama seperti situs Web lain, tetapi firewall sekitar intranet menangkis akses yang tidak sah. (terjemahan dari pengertian intranet menurut wabopedia.com)

Pengertian Intranet adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan teknologi Internet Protocol untuk berbagi bagian informasi organisasi  atau sistem operasi jaringan dalam organisasi. Istilah ini digunakan berbeda dengan internet, Kadang-kadang, pengertian intranet hanyalah istilah merujuk ke situs web internal organisasi, tetapi mungkin  menjadi bagian yang lebih luas dari infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi tersebut. Setiap protokol internet dapat juga ditemukan di intranet, seperti HTTP (web services), SMTP (e-mail), dan FTP (file transfer protocol). Teknologi internet  sering digunakan  untuk menyediakan interface modern untuk  meneruskan sistem informasi hosting data perusahaan. Umumnya, pengertian intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi. (terjemahan dari pengertian intranet  menurut  Wikipedia Bahasa Inggris)

Pengertian Intranet Dari Segi Kegunaan Dan Manfaat Intranet

Sebagian besar bisnis modern saat ini yang mengadopsi teknologi jaringan komputer intranet karena keunggulan kompetitif dalam urusana informasi penting perusahaan untuk setiap bisnis. Dari beberapa pengertian intranet diatas dapat kita mengerti  kegunaan dan manfaat Intranet yang akan kita klasifikasikan di bawah ini:

Komunikasi: manfaat Intranet adalah penggunaan dalam komunikasi memungkinkan kolaborasi antara karyawan untuk menunjang kesuksesan dari organisasi bisnis.  Kegunaan Intranet menyediakan perangkat untuk diskusi kelompok, buletin board dam membantu dalam menyampaikan dan mendistribusikan informasi atau dokumen yang diperlukan di antara karyawan dalam sebuah organisasi. Kegunaan intranet  memudahkan komunikasi antara karyawan dan manajemen di tingkat atas.

Hemat Waktu: Semua bisnis tahu pentingnya waktu. Menggunakan teknologi jaringan komputer Intranet memungkinkan untuk mendistribusikan informasi berharga di antara para karyawan dengan cara yang cepat dan efisien. Manfaat Intranet adalah menghemat waktu dengan interaktivitas, karyawan dapat mengakses informasi  secara langsung tanpa harus mengirim email dan menunggu balasan

Produktivitas: Kegunaan Intranet  adalah memberi informasi yang cepat kepada karyawan dan membantu untuk melakukan berbagai tugas dan tanggung jawab mereka. Karyawan dapat mengakses data dari database organisasi tanpa pemborosan waktu
Mengurangi Biaya: Manfaat intranet yang sangat penting adalah efektifitas biaya. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta penghematan ATK karena sharing data dan informasi dapat dilakukan secara digital Intranet mendukung penerbitan online, dan ini sudah pasti menghemat biaya pencetakan dan distribusi. Semua dokumen perusahaan dapat dipublikasikan melalui Intranet dengan menggunakan halaman web, dibandingkan dengan uang belanja pada dokumen cetak. Informasi dapat diakses dari workstation masing-masing karyawan. Hal ini sangat jelas kegunaan intranet adalah penghematan biaya pada pertukaran informasi dan data karena ditunjang oleh kemampuan data digital yang diakses dari intranet

Incorporated dan Distributed Computing Environment Intranet mendukung distribusi aktif informasi yang tersimpan melalui berbagai jenis sistem operasi dan jenis komputer, dimana karyawan dapat mengakses informasi. Hasil Intranet dalam mendistribusikan informasi  adalah lebih rendah biaya karena fitur arsitektur web intranet.
Meningkatkan Kolaborasi: Manfaat Intranet memungkinkannya semua karyawan untuk mengakses data, hal ini membantu membangun kerja tim dalam organisasi.
Kaya Format: Dengan Manfaat Intranet memungkinkan karyawan untuk melihat dokumen dalam format yang kaya berbagai aplikasi serta video dan audio. Program multimedia dapat digunakan dengan intranet juga, kegunaan intranet ini memungkinkan komunikasi yang lebih baik dan berbagi informasi yang sangat cepat.

Terlepas dari manfaat Intranet dan kegunaan intranet juga dapat difungsikan mempromosikan visi dan budaya kerja perusahaan kepada seluruh manajemen perusahaan. Intranet membantu dalam menjaga komunikasi yang baik antara departemen yang berbeda dan juga memfasilitasi pembaharuan informasi dalam internal perusahaan. Intranet mendukung tele conference sehingga mendukung rapat internal perusahaan yang saling berjauhan.

Kesimpulannya. Kegunaan dan manfaat Intranet dalam organisasi bisnis, secara signifikan membantu menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang. Benar-benar sebuah anugerah bagi semua organisasi bisnis, manfaat intranet untuk bisnis telah membuatnya menjadi kebutuhan daripada kemewahan, untuk kebanyakan organisasi. Intranet menyediakan akses mudah ke file dan dokumen internal kepada karyawan dari workstation masing-masing dan memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk berbagi data dan informasi. Hal sudah jelas jika kita cermati di atas dari Pengertian Intranet.