ISP – Internet Service Provider

Pengertian ISP / Internet Service Provider

ISP - Internet Service Provider

ISP - Internet Service Provider

ISP atau Internet Service Provider  atau lebih dikenal provider internet adalah perusahaan atau badan usaha yang menydiakan layanan jasa internet kepada pelanggan baik pelanggan yang sifatnya individu maupun ke pelanggan Korporat. ISP atau Internet Service Provider, pada mulanya diidetikkan dengan perusahaan jasa telekomunikasi,  karena dulu Internet Service Provider, menawarkan produknya melalui  jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi Internet Service Provider berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi radio atau wireless. About.com memberikan pengertian  Internet Service Provider adalah perusahaan penyuplai koneksi internernet ke pengguna rumahan dan bisnis, mulai dari dial-up modem traditional  sampai  DSL dan layanan kabel modem broadband sampai dedicated  line T1/T3.

(An ISP is a company that supplies Internet connectivity to home and business customers. ISPs support one or more forms of Internet access, ranging from traditional modem dial-up to DSL and cable modem broadband service to dedicated T1/T3 lines.)

Menurut salah satu web berbahasa asing  whatis.com  mengartikan Internet Service Provider, adalah perusahaan  yang menyediakan pada pelanggan perorangan perusahaan-perusahaan  untuk mengakses internet dan layanan jasa lainnya misalnya pendirian situs Web dan virtual hosting. ISP juga kadang-kadang disebut sebagai  PAI  (penyedia akses internet). ISP kadang-kadang digunakan sebagai singkatan untuk penyedia layanan independen untuk membedakan penyedia layanan yang merupakan perusahaan independen yang terpisah dari perusahaan telepon

(An ISP is also sometimes referred to as an IAP (Internet access provider). ISP is sometimes used as an abbreviation for independent service provider to distinguish a service provider that is an independent, separate company from a telephone company).

ISP memiliki peralatan jaringan komputer dan jaringan akses telekomunikasi yang dibutuhkan  untuk titik  pengadaan  Internet untuk area geografis yang dilayaninya. ISP  yang lebih besar memiliki sendiri kecepatan tinggi sehingga mereka kurang bergantung pada penyedia telekomunikasi dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka. ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP membutuhkan  upstream. Internet Service Provider, ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.

Prosedur Berlangganan ISP / Internet Service Provider

Pelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISP harus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh Internet Service Provider tersebut. Biasanya masing-masing Internet Service Provider memiliki aturan tersendiri namun pada umumnya Perusahaan  penyedia layanan tersebut memberi larangan untuk penggunaan internet yang melawan hukum, pornografi, konten kekerasan, dan sangat tergantung peraturan perundangan konten multimedia internet, dalam hal ini sangat dipatuhi oleh pihak Internet Service Provider