Informasi Teknologi Sebuah Pengantar Teknologi Informasi

Pengantar  Teknologi Informasi

pengantar teknologi informasi

pengantar teknologi informasi

Walaupun istilah teknologi informasi atau informasi teknologi  sudah sangat akrab di telinga kita namun kadang pengertian teknologi informasi masih  sering dipertanyakan. Information Technology Association of America (ITAA) memberi pengertian teknologi informasi sebagai “studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer.

Information Technology as “the study, design, development, implementation, support or management of computer-based information systems, particularly software applications and computer hardware (By ITAA)

Teknologi Informasi atau disingkat TI dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan teknologi yang digunakan untuk pemrosesan data. Ruang lingkup pengertiannya sangat luas, yaitu  tentang segala aspek dalam manajemen dan sistem pemrosesan informasi secara tepat dan mudah dalam hal penggunaan komputer dan perangkat lunak untuk mengubah, menyimpan, melindungi, memproses, mentransfer, melihat, dan informasi terlepas dari ruang dan waktu.

Perangkat Teknologi Informasi

pada artikel Pengantar Teknologi Informasi ini sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai perangkat informasi teknologi yang digunakan. informasi Teknologi ini mengacu pada Perangkat keras, perangkat lunak dan Sistem Telekomunikasi yang digunakan di dalam manajemen dan pemrosesan informasi.

Peralatan komputer seperti unit prosesor pusat (CPU), memori (RAM), hard disk (HDD), Input Device, output device dan Perangkat lunak komputer seperti sistem operasi komputer yang populer termasuk Linux, UNIX, Mac OS dan Windows dan aplikasi produktivitas kantor seperti OpenOffice atau Microsoft Office dan perangkat lunak jaringan komputer dan Internet seperti Aplikasi SIM (Sistem Informasi managemen), browser (Mozilla, Netscape Navigator, Safari dan Internet Explorer) memiliki peran penting dalam teknologi informasi.

Sistem Telekomunikasi merupakan komponen yang sangat penting setelah perangkat keras dan perangkat lunak. Karena sistem telekomunikasi  merupakan dan jembatan yang menghubungkan semua sistem jaringan komputer dan sistem telekomunikasi di seluruh dunia seperti Internet, satelit, dan sistem telepon. Semua ini merupakan kombinasi beberapa teknologi seperti:

  • Protokol / Arsitektur Telekomunikasi – TCP / IP, OSI dan SNA, dll
  • Teknologi Telekomunikasi / Jaringan – ATM, X.25, Frame Relay, Broadband, GSM, CDMA, ADSL,  dll
  • Teknologi Media Pengiriman – Kabel tembaga, Fiber Optik, Micro Wave,WiFi, Radio, dan Satelit

Informasi merupakan bentuk olahan data mentah, adalah sesuatu yang sangat berharga dalam kehidupan Anda di dunia saat ini.  Seseorang memiliki hak menggunakan setiap jenis informasi dan pada saat yang tepat.  Dengan  teknologi informasi dan meningkatkan ketergantungan kita pada mesin, namun menjadikan hidup jauh lebih mudah.

*****Artikel informasi teknologi ini bertujuan memberikan penjelasan singkat pengantar teknologi informasi***