Fungsi Modem

Fungsi Modem Secara Umum

fungsi modem

fungsi modem

Sebuah komputer mengirimkan informasi dalam bentuk sinyal digital.  Tapi informasi melalui saluran telepon perlu ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog.  Untuk mengatasi masalah ini, modem memberi peran mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.  Sinyal-sinyal analog yang dibawa melalui saluran telepon.  Ketika sinyal-sinyal mencapai komputer lain, sinyal analog yang diubah kembali ke bentuk digital oleh modem

Fungsi Modem Secara Khusus dan Cara Kerjanya

  1. Selain fungsi modem mengkonversi sinyal digital menjadi sinyal analog, fungsi modem lainnya melaksanakan tugas-tugas lainnya yaitu  fungsi modem meminimalkan kesalahan yang terjadi ketika transmisi sinyal.  Fungsi modem juga mengkompresi data yang dikirim melalui sinyal.  Modem juga melakukan tugas mengatur informasi yang dikirim melalui jaringan.
  2. mengoreksi Kesalahan: Dalam proses ini modem memeriksa apakah informasi yang mereka terima adalah tidak rusak.  Modem terlibat dalam koreksi kesalahan membagi informasi ke dalam paket yang disebut frame.  Sebelum mengirim informasi ini, modem tag masing-masing frame dengan checksum.  Checksum adalah metode untuk memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer.  Modem yang menerima informasi, memverifikasi jika informasi tersebut cocok dengan checksum, yang dikirim oleh modem error-correcting.  Jika gagal untuk mencocokkan dengan checksum, informasi tersebut dikirim kembali.
  3. Fungsi modem juga mengompresi Data: Untuk mengompresi data, dikirim bersama dalam banyak bit.  Bit-bit yang dikelompokkan bersama-sama dengan modem, dalam rangka untuk kompres mereka.
  4. Flow Control: modem berbeda bervariasi dalam kecepatan pengiriman sinyal.  Oleh karena itu  akan menjadi masalah dalam penerimaan sinyal jika salah satu dari modem bekerja  lambat.  Dalam mekanisme kontrol aliran, jika modem yg sinyalnya  lambat maka bagian modem lebih cepat di pause, dengan mengirimkan ‘karakter’.  Ketika siap untuk mengejar ketinggalan dengan modem yang lebih cepat, maka yang lambat dikirimkan  karakter yang berbeda yang untuk meresume aliran sinyal. Seperti Demikianlah mekanisme dan  fungsi modem