Fungsi Alat Output Dan Macam-Macam Perangkat Output Komputer

Sejumlah alat output atau Output device komputer mengirimkan data yang telah di proses ke pengguna komputer. Melalui artikel di blog jaringan komputer ini, mari kita bahas perangkat output komputer dan macam-macam alat output pada perangkat komputer.

Mengenal Alat Output Komputer

Dalam dunia komputer, input/output (I/O) mengacu pada komunikasi antara komputer dan pengguna. Sebagaimana dijelaskan dalam artikel alat input dikatakan bahwa Input adalah data yang dimasukkan atau dikirim ke sistem, sedangkan output adalah data yang dikirim keluar oleh sistem. Pengertian output Device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Ada beberapa perangkat, yang menghasilkan data dalam bentuk yang berbeda mencakup salinan audio, video atau hardcopy. Alat output komputer adalah jenis perangkat keras peripheral terkoneksi, yang terhubung ke komputer, baik menggunakan kabel atau melalui jaringan wireless. Suatu hal yang terpenting jika anda memiliki komputer desktop, laptop, super komputer, dll, Anda akan membutuhkan setidaknya satu perangkat output komputer.

Macam-Macam Alat Output

Macam-macam alat output komputer

perangkat alat output device komputer

Output yang diberikan oleh komputer dapat berupa tampilan pada layar atau dokumen cetak atau bisa berupa yang dimainkan. Sebagian besar output device komputer sudah sangat umum digunakan baik di kantor maupun di rumah-rumah. Apa saja yang termasuk alat output itu dan apa fungsi alat output dari masing-masing perangkat, berikut daftarnya

Monitor

Sebuah monitor disebut juga video display terminal (VDT). Tampilan visual dari data yang diproses, dimana pengguna dapat melihat melalui monitor. Monitor komputer saat ini sangat beragam dari merk dan berbagai ukuran layar dan resolusi visual. Ada dua jenis monitor komputer yang umum dugunakan, yakni CRT dan Flat Panel. Semua monitor sangat bergantung pada VGA yang terletak pada motherboard yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Fungsi VGA disini adalah memproses data menjadi gambar yang ditampilkan pada layar monitor.

Printer – Pencetak

Salah satu  alat output komputer yang penting adalah printer, merupakan perangkat hardware eksternal, yang mengambil data dari komputer yang telah diproses untuk menghasilkan data berupa hard copy. Setelah monitor, printer adalah perangkat yang paling sering digunakan pada komputer dan umumnya digunakan untuk mencetak data teks, gambar, dll. Ada tiga jenis Printer yang yaitu ink jet, printer laser dan dot matrix. Masing-masing jenis printer tersebut menggunakan teknologi yang berbeda dalam pencetakan data

Speaker

Speaker adalah perangkat output  yang terhubung ke sound card komputer, yang menghasilkan output data yang dapat didengar melalui speaker. Data audio yang dihasilkan oleh komputer dikirim ke soundcard, kemudian menerjemahkan data menjadi sinyal audio, kemudian dikirim ke salah satu speaker atau headphone. Pada awalnya  komputer memiliki speaker on-board, yang menghasilkan serangkaian nada beep. Ketika popularitas game multimedia dan komputer semakin berkembang, speaker komputer berkualitas tinggi beredar dipasaranperangkat keras komputer.

Proyektor

Proyektor adalah salah satu alat output, fungsinya sama seperti layar komputer yang diproyeksikan ke layar datar. Data gambar dikirim ke video card, oleh komputer yang kemudian diterjemahkan menjadi gambar video dan dikirim ke proyektor. Proyektor sering digunakan dalam pertemuan atau digunakan membuat presentasi, karena proyektor memungkinkan untuk menampikan gambar yang lebih besar dan dapat diatur ukuran gambarnya.

Plotter

Plotter, seperti juga printer mencetak berupa hard copy dari desain digital yang diberikan. Desain dikirim ke plotter melalui kartu grafis dan gambar dibuat dengan menggunakan pena. Dengan kata sederhana,  plotter pada dasarnya menggambar menggunakan serangkaian garis lurus. Alat output komputer jenis ini sering digunakan untuk aplikasi teknik.

Disc

Ada berbagai jenis cakram, seperti CD, DVD dan floppy disk, yang merupakan perangkat  output dan juga digunakan untuk menyimpan data. Pada saat yang sama, mereka juga merupakan perangkat input. Data dikirim ke disk dan data yang terdapat pada disk, dapat diambil jika diperlukan.

Singkatnya, Perangkat yang disebutkan diatas adalah alat output perangkat informasi komputer. Semua komputer mungkin tidak memiliki semua perangkat output, tetapi setidaknya memiliki salah satu dari alat output visual seperti monitor.