FTP adalah

Pengertian FTP adalah ?

  1. ftp adalah pengetian ftp fungsi ftp cara kerja ftp

    ftp adalah ?

    FTP adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Dua hal pokok pada FTP yaitu FTP server dan FTP Client. Jadi fungsi FTP adalah yang utama melakukan pertukaran file dalam jaringan

  2. FTP adalah File Transfer Protokol, merupakan salah satu protokol internet yang berjalan di dalam level aplikasi yang merupakan standar untuk proses transfer file antar mesin komputer dalam sebuah framework.
  3. FTP adalah bagian dari level aplikasi protokol yang memungkinkan komunikasi antara mesin. FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk men-download, meng-upload file-file komputer antara FTP Server dan FTP Client. Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan  MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet.  Protokol ini telah mengalami banyak revisi sejak saat itu, meskipun intinya tetap sama.

 Pengertian FTP menurut Kamus Besar adalah?

  1. FTP adalah File Transfer Protocol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti the Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan koneksi data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasi sendiri menggunakan teks yang jelas untuk sign-in protokol tetapi dapat terhubung secara anonim jika server dikonfigurasi untuk mengijinkankan hal tersebut. (Pengertian FTP Menurut wikipedie bahasa Inggris, diterjemahkan)
  2. FTP adalah: Singkatan dari  File Transfer Protocol, protokol untuk pertukaran file melalui Internet. FTP bekerja dengan cara yang sama seperti HTTP untuk mentransfer halaman web dari server ke pengguna browser dan seperti pada teknologi SMTP untuk mentransfer surat elektronik ke Internet, FTP ini menggunakan TCP / IP protokol Internet untuk memungkinkan transfer data. (Pengetian FTP Menurut Pengertian FTP Menurut Webopedia)

Fungsi FTP adalah?

  1. Fungsi FTP server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file atau dalam istilah asing file exchange, yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat request atau permintaan dari FTP client. FTP client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (upload dan download file)
  2. Fungsi FTP adalah melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk Internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal Ini mencakup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman.
  3. Fungsi FTP lainnya adalah otentikasi dan kesalahan penanganan teknik untuk membangun koneksi antara komputer host dan klien untuk pertukaran data. Demikian pula Hyper Text Transfer protocol (HTTP), menangani transfer halaman web dari server ke komputer klien.

Cara Kerja FTP adalah?

  1. Cara kerja FTP adalah Dalam menjalankan fungsi FTP, Inisiasi Transfer FTP antara server dan komputer klien melalui nomor port 21 pada komputer server.  Koneksi port 21 ini disebut koneksi kontrol dari setiap sesi FTP.  Transfer data diaktifkan oleh koneksi 20 port yang berhubungan dengan server.  Koneksi kontrol harus dipertahankan sepanjang sesi transfer data berbasis FTP, untuk kesuksesan pertukaran file.  Pada waktu dulu, koneksi FTP dibangun melalui interface berbasis command line, tetapi saat ini dapat menggunakan graphic user interface, yang membuat sesi FTP lebih mudah dibangun.
  2. Dalam menjalankan Fungsi FTP, Data dapat ditransfer baik dalam modus blok, modus kompresi atau mode streaming.  FTP tidak memiliki enkripsi built-in untuk mentransfer data, yang membuatnya cukup rentan terhadap serangan brute force, serangan bouncing dan bahkan serangan spoof.  Pada saat data sensitif perlu ditransfer, FTP secara alami,  adalah bukan pilihan utama. secure shell Protokol lebih disukai dalam kasus ini. Secure File Transfer Protocol (SFTP) adalah protokol jaringan lain yang canggih, menyediakan perlindungan lebih untuk transfer file dan manajemen file melalui remote akses.
  3. Cara Kerja FTP  adalah utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi-fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer klien ke situs web komputer hosting Juga digunakan oleh situs untuk menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk transfer file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP.
Kelebihan dan Kekurangan FTP adalah?

Kelebihan FTP adalah Sangat mudah dalam impementasinya

Kekurangan FTP adalah transfer file Sangat Tidak Aman karena file tersebut ditransfer tanpa enkripsi dahulu tetapi dengan clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, FTP mengaplikasikan mode ASCII pada transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim bisa saja di sniffing oleh hacker dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Kerentanan terkena serangan  dikarenakan kurangnya kemampuan enkripsi,  tapi cara kerja FTP ini menjadi cepat.

Solusi kekurangan FTP adalah?

Solusi yang digunakan kekurangan FTP adalah dengan menggunakan SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan). Jika Anda berencana untuk memulai  membuat situs web Anda sendiri, Anda perlu mengetahui bagaimana Cara Kerja FTP ketika mentransfer file. Ada klien FTP (seperti CuteFTP), yang dapat membuat pekerjaan jauh lebih sederhana.

FTP adalah? bagaimana jawaban anda