Cara Instal Ulang Windows 7- Langkah Instal Windows 7 Recovery Console

Bagaimana Cara Instal Ulang Windows 7 Yang Aman?

Cara instal ulang windows 7 tidaklah rumit seperti yang kita bayangkan, hal ini wajar jika kekhawatiran kehilangan data ketika akan menjalankan proses instalasi sistem operasi yang kadang mengharuskan format ulang hardisk yang juga berarti harus kehilangan data yang sangat penting. Dalam blog jaringan komputer ini saya sedikit berbagi pengalaman cara instal ulang windows 7 tanpa harus kehilangan data yang tentunya sangat berharga.

Windows 7 adalah versi sistem operasi terbaik yang diluncurkan oleh Microsoft sejauh ini, Windows 7 sangat menyenangkan pengguna Dengan rancangan interface grafis Aero estetis, dan dukungan multicore prosesor dan multithreading yang lebih baik, serta boot lebih cepat, versi Windows ini boleh dikata tidak memberi ruang bagi Anda untuk mengeluh dengan keterbatasan dari sistem operasi digenerasinya. Window 7 Tersedia mulai dari versi  Starter edition sampai Ultimate, Windows 7 dilengkapi kemampuan memberikan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan user interface yang terbaik. Dalam artikel, saya akan menunjukkan cara instal Windows 7 dengan menggunakan recovery disk atau dengan file image tanpa perlu khawatir kehilangan data.

Sebelum menjalankan instalasi ulang windows 7

Mungkin virus komputer mengganggu dan merusak file sistem Windows 7 atau sistem malicious software memanfaatkan kelemahan sistem dan merayap di dalam registri, sehingga memaksa Anda untuk menjalankan instalasi ulang Windows 7. Perhatian utama Anda tentu saja keamanan data menjadi prioritas utama, karena semua fungsi program dapat saja dipulihkan, namun data yang hilang mungkin akan hilang selamanya. Jadi pastikan bahwa Anda melakukan backup data yang ada pada harddisk eksternal, USB flash drive atau DVD, sebelum memutuskan instalasi ulang. Mari kita sekarang kita ke penjelasan langkah-langkah cara instalasi ulang Windows 7, dibawah ini

Cara Instal Ulang Windows 7

Ada dua cara instalas ulang Windows 7 yang aman tanpa harus kehilangan data, salah satunya adalah dengan menggunakan image backup dan yang kedua adalah dengan menggunakan recovery disk. Jika Anda menggunakan netbook dengan Windows 7 starter yang telah terinstal didalamnya, sudah dilengkapi pilihan pemulihan otomatis yang dapat memulihkan fungsionalitas penuh. Periksa buka instalasi manual yang dilengkapi saat anda membeli netbook. Mungkin yang anda perlu lakukan adalah menekan tombol fungsi keyboard untuk boot menjalankan sistem recovery disk yang menyimpan image backup pada hard drive.

Untuk laptop dan komputer desktop, prosedur langkah-langkah instal windows 7 dengan menggunakan recovery console sebagai berikut:

Langkah 1: Buka recovery console pada control panel

Semua opsi administratif di Windows 7 ada di ‘Control Panel’. Untuk memulihkan Windows 7,

cara instal ulang windows 7 step 1

cara instal ulang windows 7 step 1

Untuk menuju ke control panel melalui icon ‘Start’ Ketik ‘recovery’ pada kotak ‘search’ yang terletak di bagian atas tombol star ketika anda mengkliknya. Pilih opsi pemulihan yang akan tercantum di bawah ini, yang akan membuka konsol pemulihan.

Langkah 2: Pilih opsi Advanced Recovery Options

cara instal ulang windows 7 step 2

cara instal ulang windows 7 step 2

Jika  kasus kerusakan pada sistem skala kecil, pilihan “recovery system” dapat memulihkan kembali fungsionalitas dalam waktu singkat. Jika tidak, kerusakan system dengan sklala luas, maka pilih pemulihan opsi lanjutan dengan mengklik “Advanced Recovery Options

Langkah 3: Pilih Image recovery atau Disk Recovery

cara-instal-ulang-windows-7Jika Anda telah membuat image backup Windows 7 sebelumnya, Anda tidak perlu melalui prosedur panjang dengan menggunakan disk recovery. Memilih opsi ‘recovery from image” jika Anda memilikinya image backup yang disimpan di harddisk. Hal ini dapat memulihkan fungsionalitas secara penuh setelah Anda telah membuat backup data Anda. Jika Anda tidak memiliki image backup , pilih opsi ‘reinstall windows’.

Langkah 4: Backup file dan Restart komputer

Setelah Anda memilih opsi penginstalan ulang, Anda akan diminta untuk menjalankan file backup pertama. Pilih backup now, jika Anda belum membuat data backup sebelumnya. Setelah backup dibuat, pilih opsi ‘Restart’ komputer saat diminta.

Langkah 5: Masukkan Disc Recovery dan ikuti petunjuk

Pada saat restart sistem, Anda akan diminta untuk memilih jenis keyboard. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan disc recovery. Setelah disk dimasukkan, penginstalan ulang akan mulai menyalin file-file. Masukkan nama pengguna, nama PC, pilih opsi penyetelan yang direkomendasikan, zona waktu, dan pengaturan lain ketika ditanya. Setelah Anda memilih semua, penginstalan ulang hampir selesai.

Langkah 6: Recover Backup File dan Selesai

Jika berhasil menyelesaikan penginstalan ulang, Anda akan diminta untuk memulihkan file dari backup. Klik pada ‘Recovery file’ untuk menyimpulkan seluruh proses. Pada saat selesai me-restart komputer, Anda akan menemukan sistem yang dikembalikan ke kondisi normal. Demikian tutorial singkat tentang cara instal ulang Windows 7 tanpa kehilangan data.