Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless

cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless

cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless

Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless sudah banyak kita jumpai dibeberapa site, namun mungkin belum membantu menguatkan jangkauan jaringan.Dalam situs jaringan komputer ini saya mencoba menyajikan bagaimana memperkuat jangkauan wireless yang lemot dengan beberapa trik agar jangkauan jaringan wireless dapat diperkuat.

Memang sangat menjengkelkan ketika kita mendapati sinyal wireless yang sangat jelek, kadang terfikirkan untuk mengganti router wireless yang baru. Namun ada beberapa cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless sebelum mencoba untuk menggantinya dengan wireless router yang baru.

Bagaimana Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless Yang Lemot

Kekuatan sinyal wireless yang buruk pasti sangat menjemukan. Jika sistem operasi memberitahu, bahwa Anda memiliki sinyal nirkabel sangat lemah, maka  rasanya tidak ada harapan untuk mendapatkan kenyamanan untuk terkoneksi ke jaringan komputer dan internet selalu memaksa untuk mengubah posisi router nirkabel atau harus berpindah pindah tempat  setiap kali Anda menemukan kekuatan sinyal wireless  tidak layak. Sebelum rasa jengkel anda berlanjut sebaiknya anda mengenali berbagai penyebab kekuatan sinyal nirkabel menjadi buruk dan bagaimana cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless.
Penyebab buruk jangkauan jaringan Wireless

  • Antena router nirkabel  tidak dalam posisi garis pandang antena transmisi.
  • Banyaknya hambatan, seperti pepohonan dan bangunan di antara pemancar dan router nirkabel
  • Ada lebih dari satu router nirkabel di wilayah yang sama.
  • Router nirkabel memiliki antena omni-directional dan terdapat sinyal tersebar di mana-mana, hal ini mengurangi kekuatan sinyal untuk mencapai antena.
  • Lokasi router nirkabel.

Cara Meningkatkan Jangkauan Jaringan Wireless

Ada beberapa langkah dasar dan cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless router.
langkah yang paling utama adalah menempatkan router wireless pada posisi garis pandang antena dari penyedia layanan.

  • Tidak menempatkan benda logam dekat router nirkabel.
  • Tidak menempatkan lebih dari satu router nirkabel di kamar yang sama.
  • Cobalah menempatkan router pada ketinggian tertentu dari permukaan tanah.
  • Tidak menempatkan alat elektronik lain apapun (misalnya Microwave) dekat router nirkabel.

Jika cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless di atas tidak berhasil, maka ada beberapa langkah-langkah lain yang dapat Anda ambil adalah memasang antena unidirectional pada router agar dapat memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada antena yang telah ada. Arahkan Antena Langsung ke Antena penyedia sinyal. Jika Anda menggunakan laptop, anda dapat mencoba menambahkan penguat sinyal wifi. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer di rumah atau tempat kerja Anda, maka ada pilihan yang baik untuk menambahkan repeater nirkabel, Cara ini kekuatan sinyal yang mencapai semua komputer tidak akan dibagi. Mengubah adapter jaringan adalah pilihan lain yang Anda miliki.

Hal penting lain yang Anda harus diingat adalah, bahwa Anda perlu untuk meng-upgrade pengandar adapter jaringan nirkabel secara teratur. Ketika memilih antena, adapter jaringan dan router nirkabel, pastikan bahwa semua peralatan jaringan berasal dari vendor yang sama. Meskipun peralatan diproduksi oleh vendor yang berbeda kompatibel  satu sama lainnya akan tetapi set peralatan dari satu vendor memberikan kinerja yang lebih baik ketika terhubung secara bersama-sama.

Jika semua langkah prosedur dan cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless gagal dan Anda masih bingung tentang trik meningkatkan jangkauan jaringan wireless, maka solusinya adalah meng-upgrade sistem Anda dapat mencoba router nirkabel dan Adaptor baru  dan upgrade jaringan nirkabel dari 802.11b ke 802.11 g. Semoga artikel ini dapat dijadikan solusi atau cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless anda