Belajar HTML Bag. 2: Kode HTML Dan Tag HTML

Pengertian Kode HTML dan Tag HTML Pada Website

pengertian kode html tag html

Kode HTML dan Tag HTML

Kode html adalah bagian dari bahasa dasar yang perlu di kuasai dalam belajar HTML. HTML adalah bahasa yang difahami oleh web browser untuk merender  halaman web. Artikel ini adalah daftar kode HTML  situs web. Baca dan fahami  bagaimana bekerja berbagai tag HTML untuk membuat sebuah halaman web sebagai bahan belajar HTML. artikel ini kelanjutan dari posting terdahulu Belajar HTML Bag 1: Pengertian HTML, Dan Cara Membuat HTML

HTML  adalah bahasa yang difahami oleh  web browser dan merender halaman web dalam hal tersebut. HTML adalah bahasa kode dimana browser diminta untuk menampilkan sesuai yang diharapkan.  HTML terdiri dari berbagai Tag yang digunakan untuk menandai dan mengatur tampilan halaman web yg akan kita buat. sedangkan Tag HTML, juga dikenal sebagai elemen HTML atau kode HTML yang digunakan untuk memformat konten pada halaman web

Pengenalan Cara Membuat Kode HTML Dan Tag HTML

Kode HTML adalah bahasa yang dibaca oleh web browser. Tidak dapat dipungkiri belajar HTML maka perlu diketahui kode HTML dan tag untuk membuat sebuah halaman web. Ada aturan HTML tertentu yang perlu diikuti untuk menulis kode HTML untuk situs web.

Setiap halaman web diciptakan dari ‘sumber kode ‘ file. Untuk membuat halaman web dasar, semua yang butuhkan adalah sebuah editor teks seperti notepad. Dengan HTML, teks ASCII (file *.txt) dapat di-mark-up dengan kode-kode tertentu yang disebut tag untuk menjadi dokumen HTML (file *.htm atau *.html). Oleh sebab itu, untuk membuat dokumen HTML, maka bisa menggunakan semua program teks editor biasa, seperti Notepad, Wordpad MS Word, dan teks editor lainnya. Untuk mudahnya, kita gunakan program Notepad.  Anda bisa menulis isi dari halaman web dalam file teks bersama dengan semua mark up dengan kode HTML yang didistribusikan di dalam. File ini disimpan dengan ‘html.’ Atau ekstensi ‘htm.’. Ketika browser seperti ‘Firefox’ atau ‘Internet Explorer’ membuka file ini, diberikan sebagai halaman web.

Setiap Tag HTML ditulis pada sepasang tanda kurung sudut pembukaan (<>) dan tanda kurung sudut penutup (</>). Diantara dua pasang braket, terletak teks yang akan diformat atau diberikan bentuk khusus. Setiap tag memiliki atribut tertentu yang mungkin ditempatkan dalam kurung sudut pembuka (<>) setelah nama tag. Mari kita lihat kode HTML berbagai website.

Kode sumber seluruh halaman web adalah di dalam kurung <html> dan </ html> tag. Web membaca kode dan konten yang ditulis setelah tag <html>.

Konten utama dari halaman web yang ditampilkan oleh browser terkandung dalam <body> dan </ body> tag. Semua isi tekstual dan grafis dari situs harus terkandung dalam <body> dan </ body> tag. Tag body memiliki ‘bgcolor’ dan ‘font’ atribut untuk mengatur warna latar belakang dan jenis font.

Ada sebuah <head>. </ Head>. Tag yang datang sebelum tag body, yang berisi informasi tambahan tentang isi halaman web dan juga berisi judul halaman web (dalam bentuk <Title>. </ Title>. Tag). Berikut adalah struktur sampel kode sumber halaman web

<html>
<head>
<title>
“Judul Halaman Web ditulis disini!”
</ Title>
</ Head> <body> “Teks inilah yang ditampilkan, sementara sisanya adalah tag!” </ Body>
</ Html>

Cara Membuat Kode HTML Untuk Teks di Website

Berikut adalah format teks dasar kode HTML untuk situs web.

<b>. </ B> (Tag Bold):. Teks tertutup dalam tag tebal muncul tebal.
<i>. . </ I> (Tag italic): Teks tertutup dalam tag berfungsi untuk membuat tampilan tampilan teks tercetak miring

<u>. </ u> (Tag Underline):. Teks tertutup dalam tag berfungsi untuk membuat tampilan teks muncul digarisbawahi
<p>. </ P> (Tag paragrp):. Teks tertutup dalam tag paragraf merupakan paragraf. Tag ini memiliki atribut tambahan ‘align = center / left / right’.
<br>. </ Br> (Tag Istirahat):. Tag Element BR berfungsi untuk ganti baris. Dan element BR ini tidak mempunyai tag penutup

Cara Membuat Kode Warna HTML  di Website

Berikut adalah format warna  kode HTML untuk situs web.

menentukan warna HTML boleh menggunakan nama warna (nama warna dalam Bhs. Inggris)
juga diperbolehkan deng kode warna saja. Kode warna dapat ditulis
dengan  format heksa #rrggbb. dibawah ini dafftar 16 nama warna
dengan penggunaan kode dalam format heksa

catatan:
karakter 0 adalah nol bukan hurup O

Warna Kode
Warna
Warna Kode
Warna
black #000000 lime #00FF00
white #FFFFFF fuchsia #FF00FF
blue #0000FF aqua #00FFFF
yellow #FFFF00 silver #C0C0C0
red #FF0000 maroon #800000
gray #808080 purple #800080
olive #808000 green #008000
teal #008080 navy #000080

Contoh penulisan: kode warna HTML sebagai berikut

<HTML>

<BODY BGCOLOR=”#FFFF00″ TEXT=”#FF0000″>

Tulisan kode warna HTML ini tampil dalam browser.

</BODY>

</HTML>

atau boleh juga menulis di dalam tag warna dengan mengetikkan nama warna dalam bahasa inggris

<HTML>

<HEAD>

<TITLE></TITLE>

</HEAD>

<BODY BGCOLOR=”yellow” TEXT=”red”>

Tulisan kode warna HTML ini tampil dalam browser

</BODY>

</HTML>

untuk warna yang lain anda bisa melihat pada posting Kode warna HTML [...more]

Kode HTML Untuk Link di Website

jika seseorang ingin melakukan hyperlink sebuah frase dalam tubuh teks dari halaman web, link dari halaman ke halaman web lain, seseorang harus menggunakan tag link seperti berikut:

<a href=”(webpage URL)”> (Frase yang akan di link) </ a>

Cara Membuat Kode HTML Untuk Gambar di Website

Kode HTML untuk situs web termasuk tag HTML untuk gambar embedding. Muncul dengan atribut ‘Alt’ untuk memberikan informasi tambahan tentang gambar, serta ‘panjang’ dan ‘lebar’ atribut untuk mengatur ukuran gambar asli. Untuk menyisip gambar menggunakan tag gambar dengan cara berikut:

<Image Src=”(image URL)” height= “Pixel size” width = “pixel size”>. . </ image>.

Cara Membuat Kode HTML Untuk Font di Website

Kode HTML untuk situs yang mendefinisikan font untuk teks adalah tag <FONT>. Anda bahkan dapat menentukan ukuran dari font bersama dengan keluarga font. Hal ini digunakan sebagai berikut:

<font Face=”" size= “”>. </ Font>.

Cara Membuat Kode HTML Untuk Tabel di Website

Anda dapat membuat tabel menggunakan kode HTML untuk situs web. Hal ini dilakukan dengan menggunakan table tersebut.  </Tabel> tag. Berikut adalah kode untuk menciptakan tabel uprd smark (<tr>.. </tr> Tag  untuk membuat sebuah baris sel dalam sebuah baris

<table>
<tr> <td> HTML </ td> <td> Kode </ td> </ tr>
<tr> <td> Untuk </ td> <td> Website </ td> </ tr>
</ Table>

akan ditampilkan sebagai berikut:

HTML Kode
Untuk Website

Penulisan Tag HTML

Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup. Format umum tag HTML adalah :

<nama_tag> Teks yang akan ditampilkan </nama_tag>

Sebuah contoh, misalnya judul halaman ini menggunakan tag header :

<h3> Apa itu tag HTML? </h3>

Tag tersebut akan memberikan informasi kepada web browser untuk menampilkan teks “Apa itu tag HTML ?” dengan style header level 3. Tag HTML dapat menginstruksikan web browser untuk menebalkan sebuah teks (bold), menampilkan dengan format miring/italic, membuatnya sebagai sebuah header dengan level tertentu, atau membuatnya sebagai sebuah hyperlink ke halaman web yang lain.

Sebuah tag penutup </nama_tag> selalu diberikan karakter “/”, yang berfungsi untuk memberhentikan proses tagging kepada web browser. Banyak tag HTML yang selalu berpasangan dengan cara seperti ini. Bila kita lupa memberikan tag penutup maka web browser akan menganggap bahwa tag tersebbut berlaku untuk keseluruhan dokumen dan hasil tampilan halaman web tersebut tidak seperti yang kita inginkan.

Penulisan tag-tag HTML tidak memperhatikan penggunaan huruf (case in-sensitive), apakah menggunakan huruf besar atau huruf kecil, akan menghasilkan tampilan yang sama. untuk mempelajari Tag lebih jauh saya sudah mempersiapkan Posting mengenai Tag HTML dan Fungsinya pada Belajar HTML Bag. 3: Daftar Tag HTML Dan Fungsinya, hal yang perlu diperhatikan dalam belajar HTML adalah ketelitian dan ketekunan dalam penulisan kode HTML